Sambut Kartini, Perempuan Anti Korupsi Maros Didik Generasi Muda Soal Kejujuran

Kamis, 21 April 2016 | 21:09 Wita - Editor: Syamsuddin -

Maros, Gosulsel.com – Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Kartini di Maros yang jatuh pada hari, Kamis (21/4/2016). Relawan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Maros menggelar peringatan Hari Kartini ini dengan mengumpulkan seribu orang siswi, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gedung Aula Serbaguna Pemda Maros.

Siswi-siswi ini diperkenalkan sebuah permainan bernama Sembilan Nilai atau Semai yang nantiya akan dimainkan di seluruh sekolah-sekolah di Maros. Permainan ini mengajarkan bagaimana siswi mengenal pengelompokan perilaku positif dan negatif dalam kehidupan sehari-harinya.

Permainan yang mirip dengan pola permainan Monopoli ini, menitikberatkan pada persoalan nilai-nilai kejujuran, keadilan, tanggung jawab dan kegigihan dalam mencapai cita-cita sejak dini. Diharapkan, nilai ini menjadi pegangan mereka dalam mencegah prilaku koruptif dimasa yang akan datang.

Koordinator SPAK Sulsel, Sri Wahyu Ningsih kepada wartawan mengatakan pemaknaan semangat perjuangan Kartini di era ini sangatlah luas. Diantaranya dengan memperkuat peran perempuan dalam mencegah prilaku korupsi yang seolah sudah mengakar di negeri ini.

“Kami memaknai Hari Kartini ini sebagai bentuk peran serta perempuan dalam mencegah perilaku koruptif. Olehnya kami sengaja menggandeng siswi-siswi ini untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak dini,” paparnya.

Halaman:
Tags:

BACA JUGA