FOTO: Rumah Kecil (Rucil) milik Adi kini jadi salah satu tempat favorit melewarkan sore berteman panorama hijau persawahan/Selasa, 7 Maret 2017/Andi Nita Purnama/Gosulsel.com

Menemukan Oase Pedesaan di Rumah Kecil Antang

Selasa, 07 Maret 2017 | 17:25 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Menikmati pemandangan persawahan dengan ditemani oleh suara kicau burung sudah jarang sekali ditemukan di kota besar seperti Makassar. Kota ini sudah hampir tertutupi separuhnya oleh beton-beton tinggi menjulang dan perumahan-perumahan yang mengalihfungsikan area persawahan.

Di daerah Antang Raya, di pinggiran kota Makassar, terdapat sebuah tempat bersantai bernama Rumah Kecil (Rucil). Letaknya berada di Jalan Antang Raya Pannara, lorong 100 Makassar.

pt-vale-indonesia

Lokasinya memang butuh berjalan kaki sedikit jauh melalui jalan setapak. Ukuran jalannya hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Walau demikian, Anda akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata saat tiba di sana.

“Dinamakan Rumah Kecil pertama karena memang rumahnya kecil, ukurannya hanya 2×3. Kedua saya tidak pernah membayangkan rumah besar. Dan ketiga saya menginginkan rumah kecil yang punya halaman luas,” kata pemilik Rumah Kecil, yang akrab disapa Adi, Selasa (07/03/17).

Awalnya, Rumah Kecil tak dibuka untuk umum. Hanya mereka yang tergabung di komunitas-komunitas yang memanfaatkan tempat tersebut. Namun sekarang sudah hampir setahun, Rumah Kecil bisa diakses oleh siapa saja.

“Usia rumah kecil 8 tahun, tapi buka umummya tgl 10 Maret ini genap setahun. Sebelumnya menjadi ruang diskusi buat teman-teman komunitas, baik itu komunitas pecinta alam ataupun kesenian,” ungkapnya.

Halaman: