FOTO: Bupati Enrekang H Muslimin Bando.

Bupati Enrekang Khawatir Warganya Tergusur

Kamis, 23 Maret 2017 | 20:01 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Eky Hendrawan - Go Cakrawala

Enrekang, GoSulsel,comKhawatir warganya bakal kena gusur, Bupati Enrekang H Muslimin Bando menemui sejumlah warga yang sampai saat ini masih bermukim di lahan yang diklaim oleh pihak PTPN XIV, sebagai tanah negara, sehingga sewaktu waktu dapat saja digusur oleh pemiliknya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Muslimin lebih awal memikirkan mungkin menimpa warganya kelak, terutama terkait dengan tempat tinggal ketika tiba-tiba terjadi penggusuran mengingat lokasi tersebut juga akan menjadi pengembangan Kebun Raya Massenrempulu.

 

Salah satu warga yang disambangi Muslimin, Riwang yang berprofesi sebagai penyadap aren (Passari), asal Baroko yang berdomisili sudah bertahun-tahun diarea tersebut. Ia bahkan memiliki surat yang ditandantangi Iqbal Mustapa (mantan Bupati Enrekang).

 

Dalam dialog tersebut Muslimin mendapatkan informasi jika para warga tersebut telah bermukim sejak tahun 1999. Meski demikian Muslimim tetap memberikan nasihat dan arahan kepada warga.

 

Arahan tersebut disampaikan kepada mereka agar memikirkan kondisi ini karena suatu waktu nanti lahan tersebut akan mejadi pengembangan kebun raya yang secara otomatis mereka tidak lagi bisa menggunakan lahan itu.

“Otomatis klo ini sudah digarap nanti tidak mungkin bapak ibu ini diterlantarkan atau digusur begitu saja. Saya harus berpikir keras untuk merelokasi mereka kemana karena lahan mereka akan kita ambil alih,” terangnya. (*)


BACA JUGA