Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said.

Rampung Tahun Depan, RS Jumpandang Baru Habiskan Anggaran Rp 60 Miliar

Selasa, 24 November 2020 | 21:14 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Jumpandang Baru dijadwalkan rampung tahun 2021 nanti. Proyek ini telah menelan anggaran Rp 60 Miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Agus Djaja Said. Adapun RS tersebut, kata dia, direncanakan untuk menjadi RS tipe C.

“Kalau ini (Jumpandang Baru) pembangunannya sudah bagus. Alokasi anggaran 60 Miliar,” ungkap Agus, Selasa (24/11/2020).

“Setelah selesai pembangunannya di 2021 ini, yah paling tidak dia menjadi rumah sakit tipe C kalau sudah lengkap,” tambahnya.

Apabila nantinya pembangunan telah rampung, lanjut Agus, maka sisa peralatan yang akan dilengkap. Termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dokter untuk penunjang operasionalnya.

“Awalnya persyaratannya itu, banyak tahapan tahapan. Nanti kan diakreditasi. Mulai dari sarana prasarananya dokternya. 2021 Pembangunan dan finishing. Nanti sisa peralatan,” sambung Agus.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Makassar, Al-Hidayat Samsu menuturkan, kehadiran RS tipe C ini diharapkan dapat menampung rujukan dari Puskesmas atau pelayanan tingkat dasar. Dikarenakan pasien yang akan dirujuk tidak bisa langsung ke Rumah Sakit dengan pelayanan tipe B.

“Kita harapkan dengan adanya RS tipe C ini dapat melayani langsung rujukan-rujukan dari pelayanan dasar,” paparnya

“Sebab, sekarang keluhan dari seluruh masyarakat pada saat mau dirujuk ke Rumah Sakit tidak bisa langsung ke tipe B seperti RSUD Labuang Baji, RSUD Haji Makasaar, RSUD Daya Makassar,” tutup Legislator dari Fraksi PDIP ini. (*)


BACA JUGA