Para santriwati sedang mendapatkan perawatan di ruang IGD RSUD Syekh Yusuf.

Diduga Keracunan Makanan, Belasan Santriwati di Gowa Dilarikan ke RS

Minggu, 06 Februari 2022 | 08:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Belasan santriwati Pondok Pesantren Putri Yatama Mandiri Pallangga Kabupaten Gowa terpaksa dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf, Sabtu (5/2/2022) malam sekira pukul 21.00 Wita.

Belasan santriwati tersebut dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf untuk mendapat perawatan medis, karena diduga keracunan usai menyantap makanan seperti ayam, ikan, dan nasi.

pt-vale-indonesia

Febriyanti, salah seorang santriwati yang ditemui mengaku mengalami gejala sakit perut, muntah dan diare usai menyantap makanan tersebut.

“Makananya dari luar. Ada banyak teman saya yang merasakan gejala seperti saya,” ujarnya.

Santriwati lainnya yang bernama Nesti juga mengaku merasakan gejala sakit perut, pusing, dan muntah setelah memakan makanan yang datang dari luar.

“Saya makan mie, sayur dan ayam. Makananya saya kurang tahu dari mana. Satu jam baru saya merasakan sakit perut,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang dokter di RSUD Syekh Yusuf Gowa, dr. Zarah Alifani Dzulhijjah menyebutkan, ada sekitar 17 orang santriwati yang bersamaan datang ke rumah sakit.

“Bersamaan semua datang. Keluhannya rata-rata diare, muntah, sakit perut, dan sakit kepala,” katanya.

Dikatakan dr. Zarah, penyebab gejala yang dirasakan oleh para santriwati ini karena ada masalah pada pencernaan.

“Jadi kemungkinan ada sesuatu yang masuk yang salah begitu. Mungkin kandungan isinya lain-lain makanya kondisinya seperti ini,” katanya.

Dia menambahkan bahwa, kondisi santriwati setelah dirawat sudah mulai membaik. Keluhan yang dirasakan pun mulai berkurang.

“Sebagian pasien juga sudah dipulangkan karena kondisinya sudah membaik,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA