IMRAN SAMAD

Disdamkar Makassar Anggarkan Rp 28 M Untuk 28 Armada Baru

Sabtu, 05 September 2015 | 14:16 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.Com – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Makassar bakal memperkuat kinerjanya dengan menambah armada baru. Rencananya, 28 unit mobil armada baru itu menghabiskan dana sekitar Rp 28 miliar.

“Saat ini, total armada kita sudah 29 unit mobil penampung dan penembak air. Kita akan tambah akhir tahun ini,” katanya saat dihubungi GoSulsel.com, (5/9/2015). Tambahan armada tahun ini terdiri dari 14 unit mobil penembak air (water canon) dan 14 unit penampung air (water suply).

pt-vale-indonesia

Masing-masing jenis armada memiliki ukuran berbeda dalam menampung air. Imran mengatakan, armada baru disiapkan untuk menampung 1.200 liter hingga 5.000 liter air.

Pengembangan fasilitas yang dilakukan Disdamkar Makassar tahun ini diharapkan bisa mengatasi sejumlah peristiwa kebakaran yang terjadi. Sepanjang tahun ini, pihaknya mencatat ada 112 peristiwa kebakaran yang terjadi di Makassar.

“Tahun ini tentunya lebih sedikit dibandingkan jumlah peristiwa kebakaran tahun lalu,” katanya.

Halaman 2

Sekadar informasi, terjadi dua kebakaran di Makassar dalam sepekan terakhir. Imran mengimbau masyarakat agar tetap waspada di musim kemarau. “Kalau kemarau biasanya ilalang mudah terbakar. Kita antisipasi kebakaran ini dengan membasahi ilalang,” katanya.

Selain ilalang, sejumlah kebakaran di Makassar didominasi akibat arus pendek listrik. Persentasenya sekitar 70 persen dan sisanya dari kelalaian manusia (human error).