ilustrasi air

Tahun 2016 Nanti, Bayar PDAM di Makassar Bisa Lewat online

Senin, 09 November 2015 | 20:22 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Bank BTN dan PT Pos Indonesia bekerjasama dengan PDAM kota Makassar dalam pembayaran tagihan air secara online di seluruh Indonesia. Pembayaran online lewat online ini akan mulai berlaku pada 2016 nanti.

Deputi Ritel Properti dan Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Ronald, mengatakan bahwa untuk kantor cabang di bawah kendali Kota Makassar ada 52 kantor yang sistem pembayarannya dengan online, sebuah program house to house yang bisa langsung data base dan juga untu transaksi.

pt-vale-indonesia

“Kedepannya, kami akan menggunakan program mpoyment untuk lebih mempermudah lagi pembayaran PDAM ini. Dalam waktu dekat ada tim kami yang akan menjadi pengembang bisnis dari transaksi menggunakan android, jadi secara mobile. Tapi ini baru tahap sosialisasi dulu dan akan diterapkan di tahun 2016,” katanya usai MoU bersama perwakilan PDAM, di Taman Macan, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar (9/11/2015).

Ronald mengatakan, bahwa programnya itu sudah kerjasama dengan jaringan alto dan jaringan bersama, sebuah transaksi dengan menggunakan mobile.

“Mudahnya karena orang tidak perlu lagi berdesak-desakan, jadi cukup mengenakan android dan memiliki aplikasinya, lalu melakukan transaksi yang bersifat pengiriman bukan penarikan, dan semuanya bisa seperti token listrik, PDAM, wesel, dan pulsa,” terangnya.

Halaman 2

Menurut Ronald, sistem ini semacam debit, atau kalau umum biasa kita sebut e-banking. Dan ia berharap semoga di awal tahun dimana waktu ini dekat ini, beberapa tim akan dikerjakan dalam melayani pembayaran PDAM.

“Tahun depan kami berencana akan menyediakan tim yang siap siaga di kantor hingga pukul 21:00. Kami sementara proses untuk melakukan pengembangan,” ucapnya.

Untuk agen pos sendiri, sekarang sudah ada 50 pos yang bisa menerima transaksi untuk pembayaran PDAM.

“Semua layanan sudah bisa diolah. Surat ataupun payment secara nasional. Online nasional juga sistemnya house to house dan akan dishare kemereka juga. Jadi publik kemana saja yang penting punya android mereka bisa melakukan,” terangnya.


BACA JUGA