Wali Kota Makassar Setujui Pembangunan Balla’ Lompoa ri Tallo

Senin, 09 November 2015 | 18:59 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berencana membangun rumah adat yang disebutnya Balla’ Lompoa ri Tallo. Bangunan ini akan dibangun di dalam kompleks pemakaman Raja-Raja Tallo.

“Insya Allah sudah kami sepakati bersama di sini tadi, deklarasi yang disampaikan ke saya merupakan bagian dari amanah yang harus saya wujudkan. Kalau di Gowa ada Ba’lla Lompoa maka kita akan membangun Balla’ Lompoa Ri’ Tallo,” kata Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, saat berziarah ke Makam raja-raja Tallo yang berada di Jl Sultan Abdullah, Senin, (9/11/2015). Kegiatan ini masih rangkaian perayaan hari jadi kota Makassar ke 408 tahun.

pt-vale-indonesia

“Kalau kita lahir, kita harus berterimakasih ke ibu kita dan Makassar lahir di Tallo sini, ibu kita disini. Selayaknya kita sebagai cucu dari cucu yang diwariskan peradaban yang luar biasa sewajarnya kita berterima kasih kita mengirimkan Al-Fatiha dan wajib kita lestarikan budaya kita siri’ na pacce,” jelasnya.

Sementara itu, H Abdul Rauf Maro Karaeng Rewa selaku Ketua Lembaga Adat Tinggi Kesultanan Tallo mengatakan, keinginan dan rencana pembangunan rumah adat itu telah lama diimpikan.

Halaman 2

“Ada deklarasi yang kami sepakati bersama antara pak lurah dan pak camat yang kami sampaikan ke Wali kota bahwa di kompleks makam ini akan kita bangun Balla’ Lompoa ri Tallo yang sudah lama diidam-idamkan dan sudah lama di rencanakan, alhamdulillah Wali Kota sudah mengakatan iya akan mewujudkan itu, jadi hal tersebut adalah hal yang luar biasa,” terangnya.

Pada kunjungan ini Walikota didampingi oleh wakil walikota Syamsul Rizal “Deng Ical”, Sekretaris Daerah kota Makassar Ibrahim Saleh dan ketua DPRD kota Makassar Farouk M Bette serta jajaran SKPD kota Makassar.


BACA JUGA