Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan Ketua LDII Sulsel Hidayat Nahwi Rasul, membicarakan soal sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara di dunia maya.
#

Kodam VII Wirabuana-LDII Kerjasama Bela Negara Online

Rabu, 03 Februari 2016 | 11:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengajak Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulsel bekerjasama terkait sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara di dunia maya. Kerjasama ini digagas dalam rangka menyebarluaskan pemahaman bela negara secara masif.

Mayjen Agus Surya Bakti menyampaikan, wujud kerjasama kedua belah pihak dalam bentuk pengelolaan website bela negara. “Kodam VII Wirabuana menyiapkan wadahnya, kontennya dari LDII,” kata Agus saat menerima audiensi Pengurus LDII Sulsel di Markas Kodam VII Wirabuana, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/2/2016).

pt-vale-indonesia

Dalam pertemuan tersebut, hadir Ketua LDII Sulsel Hidayat Nahwi Rasul, Sekretaris Asdar Mattiro, Wakil Ketua Ishak Andi Ballado, Suyitno Widodo, Edi Kurniadi, dan Renreng Tjolli.Pihaknya melanjutkan, program bela negara di dunia virtual ini, sebagai tindak lanjut diklat bela negara kerjasama Kodam VII Wirabuana dan LDII Sulsel sebelumnya.

Website tersebut, kata Agus, berisi pemahaman wawasan kebangsaan ditinjau dari berbagai disiplin ilmu. “TNI melihat dari sisi nasionalisme, sedangkan LDII dari sisi agama,” kata Panglima Kodam kelahiran Langkat ini.

Adapun konten, kata Agus, website ini dikemas menyesuaikan selera remaja. ”Kalau kita kemas sesuai gaya remaja, mereka bisa terima. Tidak bisa gaya normatif,” katanya.

Halaman 2

Lebih lanjut, program bela negara ini, ujar Agus, tidak hanya aktif di dunia online, tetapi juga berlanjut di dunia nyata. “Offline-nya dengan mempertemuakan beberapa komunitas bela negara. Kita kumpulkan untuk saling berinteraksi. Topik pembicaraan forum silaturrahim ini, khusus bela negara,” ujar Agus yang mulai menjabat Pangdam VII Wirabuana pada 28 Oktober 2015 lalu.

Sementara itu, Ketua LDII Sulsel Hidayat Nahwi Rasul mengatakan, TNI dan ormas bisa bersinergi dalam wujud rebalancing terhadap globalisasi. Ia mencontohkan, otonomi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. “Dengan otonomi, kita seperti berpecah-pecah,” ujar Hidayat.

Dalam silaturrahim tersebut, Hidayat mengundang Mayjen Agus membawakan ceramah kebangsaan di pengajian akbar LDII. “Kami harapkan, bapak berkenan menjadi keynote speaker dan berbicara soal wawasan kebangsaan dan bela negara,” kata Hidayat

Halaman 3

Menurut rencana, pengajian yang bertema “Islam Sebagai Rahmatan lil Alamin Memperkuat Konsensus Nasional” ini akan diselenggarakan pada Minggu (21/2/2016) di Masjid Raodhatul Jannah, Daya, Makassar.

Hidayat menambahkan, pengajian akbar ini akan mendatangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel KH Sanusi Baco, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Kepala Kemenag Sulsel Abdul Wahid Thahir. (*)

Citizen Reporter: Humas Kodam VII Wirabuana


BACA JUGA