Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan: Musyawarah Mufakat Hindari Konflik Partai

Jumat, 11 Maret 2016 | 13:46 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel dengan mekanisme pemilihan dengan formatur terpilih melalui musyawarah memberi peluang Ashabul Kahfi untuk memimpin kembali PAN untuk tiga periode.

Dengan mekanisme pemilihan mengutamakan musyawarah mufakat bahkan termasuk kepemimpinan tiga periode juga diperbolehkan sehingga dapat memangkas regenerasi dalam kepemimpinan PAN di Sulsel.

pt-vale-indonesia

“Nantikan dipilih 25 orang berdasarkan hasil musyawarah, dari itu dipilih lagi menjadi 5 orang dari hasilnya berdasarkan hasil musyawarah disepakati siapa ketua, siapa sekertaris,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai menghadiri kuliah umum di Kampus Unismuh Makassar, Jumat (11/03/2016).

Menurutnya, pemilihan yang dipakai itu merupakan demokrasi pancasila yang mengutamakan musyawarah mufakat serta untuk menghindari konflik ditengah partai.

“Sistem pemilihan kita ini sesuai dengan pancasila sila ke-4, kebijaksanaan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan,” ucap Zulkifli.

Lanjut dia, termasuk Ashabul Kahfi dapat kembali mencalonkan diri sebagai ketua DPW jika hasil musyawarah menginginkan dirinya untuk memimpin kembali DPW PAN Sulsel.

“Semuanya tergantung pada hasil musyawarah mufakat, karena mekanisme seperti itu untuk menghindari konflik,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA