Logo Kabupaten Gowa
#

Bupati Gowa Kukuh Lanjutkan Program Kesehatan Gratis

Senin, 21 Maret 2016 | 13:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Gowa,GoSulsel.com – Program Kesehatan Gratis di Gowa tetap akan dilanjutkan meskipun ada program integrasi Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini diutarakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2015, di Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Senin (21/3/2016).

“Pemerintah Kabupaten Gowa berkomitmen untuk melanjutkan Program Kesehatan Gratis dan itu telah kami instruksikan kepada seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit Syekh Yusuf agar masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS dan tidak memiliki biaya untuk berobat agar bisa dilayani cukup dengan memakai KTP dan Kartu keluarga karena ini merupakan hak dasar masyarakat yang harus terpenuhi,” kata Adnan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Gowa, Anzar Bate.

pt-vale-indonesia

Terkait total alokasi anggaran urusan kesehatan Pemerintah Kabupaten Gowa pada tahun 2015 adalah sebesar Rp 169,2 Milyar lebih dengan realisasi sebesar Rp 145,5 Milyar lebih atau sebesar 86,01 persen melalui berbagai program/kegiatan bidang kesehatan meliputi Program Peningkatan Sarana Prasarana Aparatur, Program Upaya Kesehatan Masyarakat, Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin, Program Peningkatan Keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak serta beberapa program lainnya yang menjadi prioritas di bidang kesehatan.

Dalam laporannya, Adnan menyampaikan urusan pemberdayaan masyarakat/pemerintahan desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) sebagai leading sektor di tahun 2015 total anggaran belanja sebesar Rp 8,2 Milayr lebih dengan realisasi akhir Rp 7,9 Milyar lebih atau sebesar 97,22 persen.

Sementara untuk urusan pendidikan pada tahun 2015 memiliki total anggaran belanja sebesar Rp 604,9 Milyar lebih dengan realisasi sebesar Rp 549,9 Milyar lebih atau sebesar 90,82 persen. “Untuk tahun ini prioritas pembangunan di bidang pendidikan akan dititikberatkan pada Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Program Pendidikan Gratis, Investasi SDM Seperempat Abad, Penyempurnaan Calistung serta Fasilitasi Pendidikan Perguruan Tinggi Syekh Yusuf,” papar Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini.

Halaman:

BACA JUGA