Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pemprov Sulsel Mengadu ke Komisi X Terkait Bandara Toraja

Selasa, 03 Mei 2016 | 15:19 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Mandeknya pembangunan Bandar Udara Buntu Kuni, Kabupaten Tana Toraja, membuat pemerintah provinsi mengadukan hal ini ke Komisi X DPR. Hal ini disampaikan pihak pemprov Sulsel saat menerima kunjungan rombongan komisi yang membidangi pendidikan, pariwisata, olahraga, kepemudaan dan perpustakaan.

Sekertaris Daerah Sulsel, Abdul Latif, mengakui selama ini kementerian perhubungan telah beberapa kali menganggarkan biaya pembangunan. Namun tak terserap dengan baik, dikarenakan adanya kendala teknis di lapangan.

“Pembebasan lahannya selama ini sudah berjalan dengan baik dan selesai. Kemenhub sudah mengalokasikan anggaran namun tak terserap karena persoalan yang ada dilapangan. Tahun ini, saya tak tahu pasti jumlah anggaran yang ada,” kata Latif, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (3/5/2016).

Ketua Komisi X DPR, Teuku Riefky Harsya, mengakui Sulsel sudah menjadi daerah prioritas pengembangan wisata nasional. Sehingga pemerintah pusat terus berkomitmen untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada, seperti kawasan wisata nasional Tana Toraja.



Masalah yang dihadapi saat ini adalah aksesibilitas menuju Toraja. Melalui kementerian pariwisata yang sudah mendapat mandat dari presiden untuk melakukan koordinasi dengan kementerian perhubungan dan kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk menyelesaikan masalah airport di Toraja.

Halaman:

BACA JUGA