Soppeng Buka Informasi Dana Desa, KIP: Patut Dicontoh

Rabu, 11 Mei 2016 | 12:15 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, Gosulsel.com – Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Abdul Hamid Dipopramono, mengaku bangga dengan terobosan pemerintah Kabupaten Soppeng yang inisiatif untuk sepakat soal keterbukaan pengelolaan dana desa di daerah setempat. Sebab, tak banyak pemerintah daerah yang berani melakukan keterbukaan dana desa.

“Saya sempat kaget diberitahu adanya kegiatan ini di Soppeng. Ini merupakan terobosan yang akan dijadikan sebagai contoh di skala nasional,” kata Abdul Hamid, saat menghadiri Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemda Soppeng dengan Komisi Informasi Sulsel tentang keterbukaan pengelolaan dana desa, di Kantor Bupati Soppeng, Rabu (11/5/2016).

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan pihaknya tak menyangka jika ada pemerintah daerah yang berinisiatif sepakat mengenai informasi pengelolaan dana desa. Pihaknya akan menyampaikan ide bahkan menjadikan referensi ke Kementerian Desa yang ada di pusat.

“Kami di pusat tak menyangka ada daerah yang punya inisiatif secerdas ini. Kami sendiri baru berpikir untuk melakukannya,” ujar Abdul Hamid.

“Pekan depan kami punya kegiatan dengan Kementrian Desa. Saya akan menyampaikan bahwa ada daerah bernama Soppeng yang sudah melakukan terobosan keterbukaan informasi dana desa seperti ini,” tambahnya.

Halaman: