vectorina-makassar-gosulsel
Gambar vector hasil karya anak makassar

Vektorina Makassar, Komunitas yang Berkarya Melalui Dunia Digital

Senin, 16 Mei 2016 | 18:30 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Komunitas ini juga, tambahnya, dibuat untuk belajar dan saling berbagi pengetahuan serta pengalaman. “Biasanya bagi orang yang tertarik dengan seni vektor akan langsung datang bergabung atau menghubungi teman-teman yang dianggap mempunyai karya yang bagus,” ujarnya.

pt-vale-indonesia

Menurut Dol, vektor dan vexel itu sendiri adalah seni membuat gambar dengan penggunaan bentuk geometri sederhana seperti titik, garis dan lengkung pada software pengolah gambar seperti Adobe Illustration, Adobe Photoshop, Coreldraw dan lainnya.

Sedangkan perbedaan vektor dan vexel yakni vektor itu terdiri dari garis dan kurva yang dibuat pada software berbasis vektor seperti Coreldraw, Adobe Illustration. Sedangkan vexel terbentuk dari bidang datar yang berwarna yang merupakan pixel tersusun dan biasanya dibuat pada software Adobe Photoshop dan sebagainya.

Perbedaan seni vektor dengan seni design grafis lain menurutnya, kalau di antara teman-temannya, ada istilah vektor potrait. Vektor potrait itu menampilkan wajah-wajah. Bedanya misal bisa dilihat pada cara kerja manual dengan cara kerja di design grafis.

Untuk harapannya Dol mengatakan, ke depan, komunitas tersebut bisa jadi sarana berkumpul anak muda Makassar dalam melakukan hal yang positif. Sehingga kedepannya bisa mengembangkan kota Makassar lewat dunia desain grafis.

“Harapannya sebagai ajang tempat berkumpul dan saling sharing tentang hal yang berbaur positif. Terutama untuk generasi muda kota makassar. Secara pribadi berharap bisa lebih maju lagi, bisa mengenalkan dunia design grafis utamanya vektor ke masyarakat kota Makassar,” tutupnya.(*)

Halaman: