3,5 Juta Warga Sulsel Belum Terdaftar BPJS

Senin, 13 Juni 2016 | 14:13 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan melakukan rapat evaluasi bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terkait masih banyaknya jumlah penduduk Sulsel yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS.

Dari total penduduk di Sulsel sebanyak 9.368.107. Dari jumlah tersebut hanya sebanyak 5.796.838. yang terdaftar sebagai peserta BPJS. Sementara, yang belum terdaftar sebanyak 3.571.269 orang.

pt-vale-indonesia

Dari jumlah tersebut selain didominasi oleh masyarakat dengan profesi petani, jumlah ini juga didominasi oleh pegawai pemerintah non PNS.

“Banyak pegawai pemerintah non PNS yang tidak terdaftar di BPJS karena gajinya tidak terpenuhi. Selain itu pegawai honor, dan kepala desa juga banyak tidak terdaftar,” kata wakil ketua komisi E, Saharuddin Alrif, saat ditemui diruangannya di DPRD Sulsel, Senin (13/6/2016).

Sehingga pihaknya meminta BPJS mencari solusi untuk mereka terdaftar sebagai peserta BPJS laiknya seperti pegawai yang lain. “Karena persyaratan terdaftar sebagai peserta BPJS harus minimal gajinya masuk UMR minimal Rp2.250.000,” ujarnya.(*)