Banjir, Banjir Makassar, Banjir di Makassar, Jalan Juanda, Puskesmas Ujung Pandang Baru

Pemerintah Minta Partisipasi Warga Antisipasi Banjir

Jumat, 07 Oktober 2016 | 13:05 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makasssar, GoSulsel.com – Tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) adalah membuat pembangunan kota bisa maju, salah satunya dengan mengantisipasi banjir dengan membangun sarana dan prasaran pananggulangan banjir. Namun semua itu tidak akan maksimal tanpa kerjasama dari masyarakat.
Melalui Kepala Dinas PU Kota Makassar, Muhammada Ansar, mengatakan bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan bebas banjir dengan melakukan hal-hal positif seperti menjaga tersumbatnya drainase dekat rumah masing-masing.
“Jalau dari Dinas PU saya rasa sudah maksimal, cuma masyarakat ini yang kurang mengerti. Masyarakat malah yang membuang sampah sembarangan. Seharusnya mereka sendirilah yang membersihkan drainase depan rumahnya. Tapi malah kalau kita lihat masyarakat karena tidak mau capek semua sampahnya di sapu ke drainase. Bagaimana mungkin mau tidak banjir,” kata Ansar.
Ansar menambahkan bahwa Makassar sangat luas untuk bisa diperhatikan oleh pegawai dinas PU dimana hanya 350 satgas yang bertugas memantau seluruh kota Makassar.
“Makassar ini sangat luas. Saya menyadari tugas PU, tapi tidak mungkin PU akan menghendel Makassar yang sebesar ini dengan pekerja hanya sekitar 350 orang,” ujar Ansar.

Halaman:

BACA JUGA