Ketua KPK, MPR dan MK Bahas Korupsi di Unhas

Senin, 24 Oktober 2016 | 19:19 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Ia mengajak seluruh komponen bangsa menjauhi perilaku korup melalui hal-hal kecil. “Mari hilangkan korupsi di negara ini. Hilangkan budaya nyontek di sekolah. Saat ada kegiatan, panitia kegiatan supaya membuat laporan pertanggungjawaban keuangan,” ajaknya.

Adapun Ketua MPR Zulkifli Hasan mengutip ungkapan Bung Karno bahwa Indonesia harus merdeka agar kita bisa bisa bersatu. “Kita harus bersatu agar kita bisa berdaulat. Kita harus berdaulat agar kita bisa berlaku adil. Kita berlaku adil agar semua rakyat Indonesia bisa sejahtera,” ungkapnya.

pt-vale-indonesia

Pihaknya menguraikan, ketaatan pada konstitusi merupakan cerminan perilaku pancasilais dan perilaku santun. “Kalau kita menjalankan peilaku Pancasila sebagai pandangan hidup, mari kembali pada nilai-nilai luhur kita. Itulah empat konsensus,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Pancasila jangan hanya dijadikan sebagai hafalan tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demokrasi jangan meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa. Para pejabat negara, kata Zulkifli, harus menaati konstitusi. “Menjadi anggota DPR, gubernur, bupati harus taat pada konstitusi, berperilaku pancasilais, berperilaku yang didasari cahaya ilahi, dan berperilaku yang respek pada orang lain,” ujarnya.

Zulkifli Hasan mengingatkan, jabatan bukanlah jalan untuk mengeruk kekayaan. “Menjadi pejabat seolah menjadi raja. Menjadi pejabat seolah untuk meraih kekayaan dengan cara singkat. Padahal di era persaingan bebas, kalau tidak waspada, kita jadi kuli di negeri sendiri,” tuturnya.

Halaman:

BACA JUGA