(FOTO: Kuliah umum Universitas Bosowa, Makassar/Kamis, 24 November 2016/Muhammad Fardi/GoSulsel.com)

Diplomasi Budaya Menjadi Pembahasan Kuliah Umum HI Unibos

Kamis, 24 November 2016 | 14:00 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Mengangkat isu diplomasi budaya, Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politi Universitas Bosowa menggelar kuliah umum, Kamis (24/11/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang kuliah 309 Lantai 3 Kampus I Unibos ini menghadirkan Prof. Andrik Purwasito yang merupakan salah satu Guru Besar Universitas Sebelas Maret. Dengan mengangkat topik yang memang sedang menjadi isu dalam dunia internasional, Prof. Andrik Purwasito memberikan beberapa arahan pada Mahasiswa HI Unibos untuk lebih mengenal lebih dekat jangkauan diplomasi budaya yang sedang semarak diperbincangkan.

pt-vale-indonesia

Menurutnya, mahasiswa HI harus membuka luas pemikiran tentang hubungan internasional yang tidak hanya menjangkau antar negara saja. Tetapi lebih dari pada itu, hubungan internasional juga dapat terjalin secara lebih individu.

“Kita harus lebih cerdas lagi memaknai bagaimana hakekatnya studi HI yang tidak hanya dominan menyangkut keterkaitan antara negara, tetapi studi HI juga dapat dijangkau dengan bagaimana kita menempatkan individu didalamnya. Individu juga bisa mewakili diplomasi khususnya diplomasi budaya. Salah satunya bisa dilakukan dengan mahasiswa turun langsung ke rana isu tersebut dan beranjak ke tempat dimana sasaran isu tersebut”, ungkapnya.

Halaman:

BACA JUGA