Agus Harap Rumput Laut Tak Sekadar jadi Bahan Makanan & Farmasi

Jumat, 20 Januari 2017 | 20:53 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Wakil Gubernur Sulse,Agus Arifin Nu’mang berharap Perguruan Tinggi (PT) asal china & Badan Litbang yang sedang melakukan penelitian tentang rumput laut di Sulsel, menemukan manfaat baru dari kegunaan rumput laut selain bahan makanan dan farmasi. Dia juga berharap agar temuan baru itu pertama kali ditemukan di Sulsel.

“kita harapkan hasil penelitian nantinya akan menemukan manfaat baru selain sebagai bahan makanan dan obat obatan dari rumput laut, dan itu pertama kali ditemukan di Sulawesi Selatan,” kata Agus ketika membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) di Hotel Novotel Makassar, Jumat (20/1/2017).

Agus AN juga mengatakan, perspektif ekonomi telah menunjukkan kalau produksi kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan pada tahun 2016 yang bersumber dari hasil komuditi rumput laut mencapai 3,4 juta ton. Sementara komuditas unggulan rumput laut untuk ekspor pada tahun 2016 sebesar 105.127 ton atau senilai 85,87 juta dollar US.

Dia menambahkan bahwa hasil yang dicapai dari komuditi rumput laut tersebut belumlah maksimal karena baru sekitar 32.000 ha lahan yang berproduksi, sementara potensi lahan yang tersedia seluas 98.617 ha.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu berharap agar para petani dan pengusaha rumput laut bersama pemerintah terus mendorong agar produksi rumput laut di Sulawesi Selatan terus meningkat dan menghasilkan rumput laut yang berkualitas, karena hingga saat ini produksi rumput laut dari Sulawesi Selatan dikenal cukup bagus.

Halaman:

BACA JUGA