Irman Yasin Limpo

Irman YL Perintahkan Pembentukan Saka Widya Budaya Bakti

Kamis, 16 Februari 2017 | 19:02 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com- Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bakti, memerintahkan pembentukan Saka Widya Budaya Bakti di tingkat kabupaten dan kota se-Sulsel. Selanjutnya, disusul dengan pembentukan Pangkalan Saka Widya Budaya Bakti di tingkat SMA dan SMK.

“Saya harap, Dinas Pendidikan bersama Pramuka di kabupaten dan kota, secepatnya membentuk Saka Widya Budaya Bakti,” kata Irman, saat Upacara Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pinsaka Widya Budaya Bakti Tingkat Daerah Sulawesi Selatan, di Baruga Sangiaseri Makassar, Kamis (16/2).

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan peran Pramuka sangat strategis dalam membangun generasi sekarang dan yang akan datang. Pramuka menciptakan generasi yang bertanggung jawab pada diri sendiri, orang tua, dan bangsanya.

“Ini adalah kontribusi kita kepada negara dan bangsa. Pramuka sangat strategis dan menentukan masa depan bangsa. Pramuka mengajarkan taat pada Tuhan, pada aturan, mengajarkan gotong royong dan bertoleransi,” kata Syahrul.

Semua negara maju, terang Syahrul, mengajarkan generasi muda mereka untuk cinta pada negara dan bangsanya, sekaligus toleransi pada sesamanya. Di Indonesia, peran Pramuka menjadi strategis di tengah nasionalisme yang sudah semakin terkikis.

“Tidak boleh lagi ada sekolah tanpa pramuka. Di Pramuka diajarkan keseimbangan. Karena kecanggihan teknologi, sekarang justru masyarakat kita hidup dalam kebimbangan. Di Pramuka diajarkan bagaimana ketangguhan,” tegasnya.

Halaman:

BACA JUGA