FOTO: Kapolda Sulsel Irjen Muktiono menggelar acara tatap muka bersama personel Polrestabes Makassar/Selasa, 7 Februari 2017/Zul Kifli/Gosulsel.com

Kapolda Sulsel: Waspada Berita Hoax di Dunia Maya

Jumat, 10 Maret 2017 | 18:21 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Harlin - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono meminta agar mewaspadai berita palsu atau hoax. Hal itu disampaikan saat Safari Jumat, di masjid Jami Nurul Iman, Telkomas Makassar, Jumat (10/3/2017).

“Belakangan sangat banyak beredar di dunia Maya berita yang tidak benar atau hoax. Pelaku maupun oknum berkepentingan begitu mudahnya menyebarkan berita hoax,” katanya.

Dia mengatakan, berita palsu ini sudah meresahkan masyarakat mengingat mudahnya akses kepada dunia Maya dalam hal ini medsos. Bahkan sekaliber anak kecil sekalipun tak asing lagi ditemui asik bermain gadget.

“Disinilah perlunya bimbingan kepada keluarga dan lingkungan sekitar jamaah sekalian,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sulsel meminta dukungan dan kerja sama seluruh warga untuk mewujudkan Kamtibmas di Sulawesi Selatan terkhusus di Kota Makassar.

“Yang menjadi masalah bersama saat ini yakni narkoba, kita ketahui bersama bagaimana efek destruktif dari zat aditif tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, yang dirusak bukan hanya individu namun dapat menghancurkan bangsa dan peradaban. Karena itu dibutuhkan dukungan untuk memberantasnya.

“Mulai dari diri sendiri sampai kelingkungan terluas yang kita miliki. Dukungan dapat berupa informasi kepada polisi,” tambahnya.

Selain narkoba, lanjut dia, majunya perkembangan teknologi turut mempengaruhi persebaran komunikasi informasi. Karena itu pihaknya menghimbau agar yang hadir sekalian bijaksana menyikapinya.(*)


BACA JUGA