HIPMI Sulsel Dukung Karya Sineas Lokal Jadi Hiburan Nasional

Minggu, 19 Maret 2017 | 01:10 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Sejak setahun belakangan ini lahir film-film lokal yang menghiasi panggung hiburan sinema negeri ini. Mulai dari film Bombe, Dumba-dumba, Uang Panai, hingga yang terakhir adalah Silariang yang masih tayang hingga hari ini di bioskop tanah air.

Uang panai yang digali dari entitas budaya Bugis-Makassar dianggap menjadi momentum penting bagi sineas lokal untuk berkiprah ke tingkat nasional. Hal ini diuatarakan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan, Herman Heizer.

pt-vale-indonesia

“Kita patut berbangga dengan lahirnya film lokal yang dieksplor dari budaya dan kebiasaan bugis-makassar. Kita kaya dengan budaya dan tantangan para generasi muda yang kreatif dan berjiwa seni untuk lahirkan film yang semakin berkualitas, yang menghibur seperti uang panai ataupun silariang,” kata Herman Heizer saat ditemui di Studio 21 Mall Panakukang dalam acara Nonton Bareng HIPMI SULSEL pada sabtu petang, (18/3/2017)

“Dan terpenting adalah bagaimana hiburan yang menghibur serta mengandung edukasi bagi audiance. Saya yakin potensi film kita tak kalah menariknya dengan film Hollywood atau film barat lainnya,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua HIPMI Perguruan Tinggi (PT), Harianto Albar. Baginya film lokal adalah hasil expresi generasi muda yang patut diapresiasi.

“Pemerintah bersama asosiasi profesi seperti HIPMI punya peran penting mendorong lahirnya film lokal yang berkualitas. Harapan kita, ke depan, pemkot atau pemrov punya perhatian yang lebih konkrit, misal festival film pendek, penghargaaan film lokal atau sejenisnya,” ujar Harry.(*)


BACA JUGA