sumber:hello-pet.com

Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Jika Pertama Kali ke Luar Negeri

Rabu, 19 April 2017 | 19:58 Wita - Editor: Irfan Wahab -

GoSulsel.com – Siapa sih yang enggak ingin liburan ke luar negeri? Apalagi, pengaruh social media yang semakin sering menerpa kita, banyak akhirnya yang ‘mupeng’ untuk menjajakkan kakinya di negeri orang.

Anggapan liburan ke luar negeri lebih keren dibanding di dalam negeri pun masih melekat di benak banyak orang.

Tapi tenang, liburan ke luar negeri tak susah kok sekarang, apalagi banyak negara bebas visa untuk wisatawan asal Indonesia, agar kamu merasa lebih aman, pilih maskapai yang sudah memiliki pengalaman seperti Garuda Indonesia, untuk membeli tiket garuda kamu tinggal pergi ke laman berikut: https://www.traveloka.com/garuda-indonesia.

Sebenarnya banyak tips yang bisa kamu lakukan saat akan pergi berlibur pertama kali ke luar negeri, tapi supaya lebih mudah coba ajak teman yang memang sering bepergian ke negara yang akan kamu sambangi, lebih simple bukan? Tapi, ya kalau ternyata tidak ada, simak 3 tips berikut:

1. Mengurus Paspor Atau Visa

Pastinya ini adalah hal pertama yang kamu lakukan setelah menentukan tujuan liburanmu, tentunya. Atau jika memang kamu masih belum memiliki tujuan, tak ada salahnya membuat paspor terlebih dahulu. Kamu bisa langsung datang ke kantor imigrasi, atau membuatnya via online.

Setelah itu, jika negara tujuan kamu mengharuskan Visa untuk masuk ke negaranya, kamu harus mengurusnya ke Kedutaan Besar negara yang bersangkutan, namun sekarang banyak negara yang membebaskan Visa untuk warga Indonesia, kurang lebih ada 57 negara yang membebaskan Visa untuk warga negara Indonesia. Jangan lupa untuk membuat asuransi perjalanan jika kamu berkunjung ke negara-negara yang menggunakan Visa Schengen.

Foto Internet

2. Booking Tiket Pesawat atau Hotel

Setelah paspor di tangan, saatnya kamu mencari tiket pesawat dengan harga promo, liburan semakin menyenangkan, jika kamu bisa mendapatkan tiket promo, apalagi jika menggunakan maskapai yang sudah terkenal mengenai pelayanannya seperti Garuda Indonesia. Jangan takut, Garuda juga sering kok memberikan tiket promo. Jadi, segera cari tiket garuda untuk perjalanan yang lebih nyaman dan jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang.

Membeli tiket langsung untuk kepulangan akan memudahkan saat kamu diwawancara di imigrasi ataupun dalam perihal pengurusan visa. Jangan lupa untuk memesan penginapan juga, ya. Atau jika kamu punya saudara di sana, ingat-ingat alamat lengkapnya, karena ini juga biasanya akan menjadi pertanyaan saat diwawancara imigrasi nanti.

sumber:shutterstock.com

3. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Setelah paspor, tiket dan penginapan kamu kantongi, hal selanjutnya adalah cari informasi sebanyak-banyaknya tentang negara yang akan kamu kunjungi, bagaimana suhu udara di sana, sedang musim apa, terutama jika negara yang akan kamu datangi adalah negara subtropics yang tentunya akan berpengaruh pada pakaian apa yang akan kamu bawa. Cari tahu juga mengenai peraturan-peraturan dasar di negara tersebut. Misalnya mengenai dilarang meludah sembarangan, atau tidak boleh makan dan minum di MRT, selain itu penting juga mengetahui mengenai budaya setempat agar kamu lebih aman.

Mengumpulkan informasi ini pula akan berpengaruh pada penyusunan itinerary kamu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat-tempat yang akan kamu kunjungi, bagaimana cara mencapai kesana, dan letaknya, susun itinerary seoptimal mungkin, kunjungi tempat wisata yang berdekatan di hari yang sama untuk mengefesienkan waktu.

Jangan lupa untuk menukarkan mata uang rupiah dengan negara tujuan, cari waktu terbaik saat membeli mata uang tersebut, hal ini akan berpengaruh pada jumlah uangmu. Untuk berjaga-jaga beli juga uang dollar.

Nah, selama kamu sudah melakukan beberapa hal di atas, liburan ke luar negeri pertamamu tak akan terlalu menakutkan. Selamat berlibur.


BACA JUGA