Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, S.Ip, M.Si bersama Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusdi Rasyid, Asisten 2 Lutra meresmikan Cocoa Development Centre (CDC) Tarobok, Kecamatan Baebunta, Jumat (28/04/2017).

Resmikan CDC Mars Indonesia, Bupati Lutra Ikut Tanam Bibit Kakao Unggulan

Jumat, 28 April 2017 | 19:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Luwu Utara, Gosulsel.com — Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, S.Ip, M.Si bersama Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusdi Rasyid, Asisten 2 Lutra meresmikan Cocoa Development Centre (CDC) Tarobok, Kecamatan Baebunta, Jumat (28/04/2017). Agenda Peresmian CDC ini adalah salah satu rangkaian peringatan hari jadi Luwu Utara yang ke 18.

Didampingi CA Manager Mars Indonesia, Mohammad Khomeiny dan CVC Growth Manager Andi Amiruddin, serta Senior Program Manager Swisscontact Indonesia Suharman Sumpala, peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti gedung CDC yang berlokasi di Desa Tarobok, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Indah Putri Indriani juga berkesempatan melakukan penanaman bibit pohon kakao unggulan dan melakukan dialog dengan ratusan petani kakao yang hadir.

CDC ini adalah pusat pengembangan kakao yang merupakan fasilitas untuk kegiatan sosialisasi, pelatihan, pembinaan bimbingan, serta percontohan kakao. Di setiap CDC terdapat kebun percontohan yang mempraktekkan teknologi penanaman kakao terkini, bahan tanam yang baik, dan pupuk yang tepat. Di setiap CDC, Mars menyiapkan tenaga pendamping petani dan menyiapkan mereka dengan pelatihan dan pendampingan. Melalui kerjasama dengan instansi terkait, seperti penyuluh perkebunan, diharapkan petani akan memperoleh pelatihan dan pendampingan dalam hal teknologi kakao maupun pengelolaan bisnis perkebunannya.

Cocoa Development Centre oleh Mars Indonesia diharapkan menjadi wujud kontribusi positif dunia usaha untuk mendukung program pemerintah khususnya pada program pembangunan perkebunan, sehingga cita-cita meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani Luwu Utara telah menjadi daerah pengahsil kakao yang besar dan sentra penting dalam pertumbuhan tanaman kakao.

Halaman:

BACA JUGA