#

Warga Desa Bontokassi Gowa Terus Berbenah, Ini Dilakukan

Jumat, 30 Juni 2017 | 14:56 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Gowa, GoSulsel.com – Kegiatan pembangunan di Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Gowa terus dipacu. Program pembangunan infrastruktur fisik yang sementara dalam proses pekerjaan turut melibatkan warga desa setempat.

Diantaranya, pekerjaan perbaikan jalan desa serta drainase, sepanjang 1,3 kilometer. Kepala Desa Bontokassi, Haeruddin melalui Sekdesnya, Muh Arief Lawa,S.SOs mengatakan, keterlibatan warga desa dalam perbaikan jalan serta drainase sebagai upaya mensukseskan program pemberdayaan kemasyarakatan. Setiap warga, kata dia, turun langsung bergotong-royong bekerja memperbaiki jalan dan drainase di depan rumah masing-masing. Pemerintah desa hanya menyiapkan material dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan serta upahnya.

“Jadi kita tidak perlu sewa pekerjaa dari luar. Warga kita sendiri yang dilibatkan sebagai pekerja. Pemerintah desa tinggal menyiapkan material, mengawasi pekerjaan termasuk gajinya,” kata Muh Arief, saat ditemui disela-sela mengawasi pekerjaan drainase di Dusun Pammanjengan, Desa Bontokassi, Jumat, 30 Juni.

Menurutnya, pelibatan masyarakat dalam pembangunan dianggap jauh lebih tepat. Selain mengatasi pengangguran, kualitas hasil pekerjaan, kata dia, lebih terjamin karena warga bekerja dengan penuh tanggung jawab. “Jadi hal ini semacam motivasi. Masing masing warga tidak mau hasil kerjanya dinilai jelek. Makanya, mereka berlomba-lomba memperbaiki jalan dan drainase di depan rumah masing-masing dengan sebaikmungkin,” jelasnya.

Desa Bontokassi sendiri, memiliki total jumlah penduduk sebanyak 1236 jiwa. Tersebar di dua dusun, yakni Dusun Pammanjengan dan Dusun Lantaboko. Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani.

Oleh karena itu, selain pekerjaan perbaikan jalan dan drainase, pemerintah desa Bontokassi juga membangun sarana jalan tani dan jalan paving. Jalan paving itu, sebut Arief, rencananya dibangun di Dusun Lantaboko. Sedangkan untuk jalan tani dibangun untuk mempermudah warga Bontokassi menjangkau areal persawahan dan ladang.

“Melalui Dana Alokasi Desa salah satu prioritas kita adalah jalan tani. Kita bangun rabat beton dengan tujuan mempermudah aktivitas pertanian di Desa ini,” pungkas Arief. (*)


BACA JUGA