#

Pemkab Gowa Bangun Jalan Beton Tiap Dusun di 18 Kecamatan

Minggu, 02 Juli 2017 | 19:23 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Program peningkatan infrastruktur jalan yang digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, memacu semangat pemerintah desa untuk memperbaiki sarana jalan di wilayah masing-masing. Perbaikan jalan di setiap dusun jadi hal prioritas. Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe contohnya.

Memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) 2017, mereka membenahi jalan dusun dengan aspal beton. Sekretaris Desa (Sekdes) Borisallo, Muh Basyir mengatakan, tingkat kepadatan aktivitas penduduk di desanya cukup tinggi. Selain sektor pertanian, Desa Borisallo juga jadi pusat perdagangan di wilayah kecamatan Parangloe.

pt-vale-indonesia

Karena itu, kata dia, untuk menunjang kelancaran akses pertanian dan perdagangan, maka pemerintah desa atas permintaan warga desa memutuskan mengutamakan pembenahan kondisi jalan dusun yang ada. Jalan dusun yang sebelumnya pengerasan, kemudian ditingkatan menjadi aspal beton.

“Ada empat titik perbaikan jalan dusun. Dua di dusun Bontojai, dua lagi di Dusun Pakkolompo,” kata Muh Basyir, Minggu, 2 Juli.

Adapun total panjang jalan dusun yang diperbaiki adalah 400 meter. Dari empat titik itu, kata dia, yang sementara pekerjaannya rampung adalah jalan beton di Dusun Bontojai. “Aspalnya full beton. Berfungsi juga sebagai akses penghubung antar dusun,” jelasnya.

Disamping membenahi jalan dusun, pemerintah Desa Borisallo, lanjut dia, memberikan perhatian pada sektor pendidikan. Mereka berencana membangun sebuah Taman Kanak (TK) di Dusun Pakkolompo. Gedung TK itu, kata dia, dibangun diatas lahan 200 meter persegi yang merupakan tanah hibah dari masyarakat.

“Kita upayakan proses pekerjaan gedung TK itu tahun ini.  Keberadaan TK ini dapat membantu mensukseskan program pendidikan yang selama ini dicanangkan Pemkab Gowa,” tutupnya. (*)

Reporter: RusliHaisarni/Go Cakrawala


BACA JUGA