Ketua DPP Dipastikan Hadiri Pelantikan KNPI Gowa

Sabtu, 23 September 2017 | 00:08 Wita - Editor: Irwan Idris -

Gowa, Gosulsel.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Gowa akan melaksanakan pelantikan pengurus baru.

Kegiatan pelantikan yang dijadwalkan Jumat, 29 September mendatang itu akan dihadiri langsung Ketua DPP KNPI, Muh Rivai Darus.

pt-vale-indonesia

Ketua DPD KNPI Gowa, Usman Baddu kepada wartawan di Warkop 56 Jalan Basoi Dg Bunga, Sungguminasa, Jumat, 22 September mengatakan proses pelantikan pengurus baru DPD II KNPI Gowa masa bakti 2017-2020 itu dilaksanakan di pelataran museum Istana Balla Lompoa. Menurutnya, pelantikan tersebut sangat bersejarah karena pertama kalinya dihadiri Ketua DPP KNPI.

Orang nomor satu KNPI di Indonesia ini, lanjut Usman akan menghadiri pelantikan bersama sejumlah pengurus teras DPP KNPI beserta Ketua DPD KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra.

“Kita sudah agendakan pelantikan pengurus baru, Jumat, 29 September di pelataran Istana Balla Lompoa. Ketua KNPI Pusat beserta pengurus DPP dan Ketua DPD I akan hadir langsung di acara pelantikan,” kata Usman.

Selain menghadirkan pengurus DPP, pihaknya juga mengundang Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Ketua DPD KNPI Kabupaten/kota se-Sulsel, pimpinan OKP se-kabupaten Gowa, serta tokoh masyarakat. Termasuk mantan ketua dan pengurus serta tokoh KNPI Gowa. Di antaranya Asrullah Awing, Dr Rahmansyah, Hirsan Bachtiar hingga Akbar Danu.

“Kita ingin bereuni. Makanya kita undang juga mantan Ketua dan Pengurus KNPI Gowa yang lama,” ungkapnya.

Lebih jauh Usman mengatakan, proses pelantikan pengurus baru DPD KNPI Gowa ini merupakan hasil Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan 5 Mei 2017 lalu di Baruga Punggawa, SMK Negeri 1 Sungguminasa. Pengurus baru yang dilantik sekitar 130 orang. Mantan Ketua DPP Hipma Gowa ini berjanji akan membawa DPD KNPI Gowa jauh lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. 

Karena itu, sejumlah program kerja sudah dia siapkan. Salah satunya menjadikan KNPI Gowa sebagai corong pengembangam kreativitas organisasi kepemudaan. “OKP yang selama ini tidak aktif akan kita hidupkan,” kata dia 

Ia juga ingin KNPI jadi pilar terdepan dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di Kabupaten Gowa. Di bawah kepemimpinannya, KNPI Gowa akan memperbanyak diskusi dan pelatihan-pelatihan pengembangan SDM kepemudaan. 

“KNPI siap bersinergi dengan pemerintah daerah di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia,” urainya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua DPD KNPI Gowa, Riswandi Marzuki. Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemkab Gowa di bidang pengembangan SDM, KNPI akan menggiatkan budaya literasi di kalangan generasi muda. “Kita berencana mendirikan kelas literasi untuk pemuda hingga ke ranting. Melalui kelas literasi ini kita gali potensi keilmuan di kalangan pemuda. Ini juga sebagai bentuk dukungan KNPI terhadap program Gowa kabupaten pendidikan,” jelasnya.

Dengan kerja keras dan semangat kebersaman serta sinergi yang dibangun, Riswandi optimis kepengurusan baru ini, peran KNPI sebagai wadah organisasi kepemudaan akan kembali optimal. “KNPI Gowa siap jadi pemecah solusi (problem solving) kepemudaan di daerah ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Rusli Haisarni/GoSulsel.com


BACA JUGA