1500 Peserta Meriahkan Fashion Carnaval Meriahkan HUT Sulsel ke-348

Kamis, 12 Oktober 2017 | 15:07 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017 kembali akan dihelat Sabtu 14 Oktober 2017 pekan ini.

Peserta yang telah terdaftar di kepanitiaan sudah mencapai 73 kelompok dengan jumlah orang 1500 orang.

pt-vale-indonesia

Yang menarik di karnaval dalam rangka peringatan HUT Sulsel ke-348 tahun ini adalah icon utamanya. Dimana dipilih Ketua KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra dan Wakil Ketua KNPI Sulsel, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati.

Andi Tenri Bilang atau akrab dipanggil Bibie sendiri merupakan cucu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Di pagelaran karnaval tahun lalu, ibunya Indira Cunda Thita Syahrul Yasin Limpo yang menjadi icon.

Ketua Panitia Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017, Ahmadi Akil mengatakan kedua tokoh ini merupakan representasi pemuda-pemudi Sulsel. Diharapkan semangat pemuda bisa menjadi pendorong pembangunan Sulsel kedepannya.

“Seperti tahun lalu, karnaval tahun kali ini tetap mengangkat tema kain sutera Sulsel. Setiap peserta diwajibkan memakai bahan sutera minimal 40 persen,” katanya, usai rapat pemantapan di Hotel Aerotel Smile, Kamis 12 Oktober.

Selain peserta dari Sulsel, panitia juga mencatat ada peserta dari empat provinsi. Mereka adalah Bali Carnaval, Banyuwangi Etnoc Karnaval, Solo Batik Karnaval dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Ahmadi mereka adalah tim yang memiliki koleksi busana dan kostum terbaik di Indonesia saat ini. “Kita berharap mereka bisa menularkan semangat fashion ke masyarakat Sulsel dan industri kreatif tumbuh,” jelasnya.

Adapun kriteria penilaian diutamakan kreativitas dan inovasi. Kedua pakaian, apakah memenuhi persyaratan minimal 40 persen dari kain sutera. Serta jumlah peserta yang minimal berjumlah 3 orang dan maksimal 48 orang.

Selain itu, atraksi sepanjang jalur karnaval yang dilalui peserta. Yang tertinggi adalah di depan panggung VVIP, di mana setiap peserta diberikan waktu sampai 90 detik.

Peserta akan start dari depan Hotel Novotel dan finish di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Karena itu ada beberapa jalan utama di sekitar Jalan Jenderal Sudirman akan ditutup.

Seperti Jalan Sungai Saddang, Gunung Klabat, Sungai Tangka, Chairil Anwar, Gunung Tinggi Mae, Sawerigading dan Emmy Saelan.

Untuk pengamanan, disiapkan 500 orang lebih personil. Mereka terdiri dari kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Pengamanan akan diutamakan di area ring 1 sekitar Rujab Gubernur. (*)


BACA JUGA