Deng Ical Pimpin Rapat Penanggulangan HIV AIDS

Jumat, 20 Oktober 2017 | 16:43 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Wakil Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal Deng Ical, memimpin rapat koordinasi lintas sektor Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Makassar di Hotel Jolin, Jl.Pengayoman, Jumat 20 Oktober 2017.

Dalam rakor tersebut terungkap data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel jumlah pengidap HIV Aids tahun 2017 di Kota Makassar mencapai 9.647 orang. Dari data tersebut menunjukkan bahwa jalur utama penularan HIV melalui transmisi seksual.

pt-vale-indonesia

“Kita semua ada disini karena komitmen kita menyelamatkan banyak orang, kita harus lebih berusaha mencegah lebih banyak orang tertular HIV,” kata Deng Ical yang juga merupakan ketua KPA Kota Makassar.

Ia mengungkapkan, epidemi HIV telah ada di Indonesia sejak 20 tahun lalu dan berbagai upaya penanggulangannya telah dilakukan termasuk dengan menjamin alokasi anggaran penanggulangan, mengoptimalkan fungsi pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan edukasi.

Lebih lanjut, Wakil Walikota yang aktif di kemanusiaan ini mengatakan untuk mencegah meningkatnya penularan HIV Aids sangat membutuhkan kesadaran dari setiap individu.

“Hidup sehat, setia sama pasangan, hindari perselingkuhan karena jalur utama penularan HIV ini adalah melalui transmisi seksual,” kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar ini.

Rakor tersebut dihadiri utusan dari sejumlah Saruan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Makassar dan LSM.(*)


BACA JUGA