Adnan Purichta Ichsan menghadiri rapat koordinasi terkait lahan PTPN XIV/Jum'at, 20 Oktober 2017/IST

Rakor Penyelesaian Masalah Lahan PTPN XIV, Begini Harapan Adnan

Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

GOWA, Gosulsel.com — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Rapat Koordinasi dalam rangka tindak lanjut penyelesaian permasalahan lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV yang terletak di Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan dipimpin langsung Direktur Jenderal Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang dan Tanah Kementrian Agraria dan Tata Ruang/BPN, H S Muhammad Ikhsan, Rakor tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Direktorat Jenderal Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang dan Tanah Kementrian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

pt-vale-indonesia

“Sebagai upaya tindak lanjut penyelesaian permasalahan lahan PTPN XIV ini kita akan
Membentuk tim bersama antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Pihak PTPN XIV,” jelas Muhammad Ikhsan.

Ikhsan menambahkan, Bupati Gowa dan Direktur Utama PTPN XIV bertindak sebagai pengawas, untuk melakukan kesepahaman bersama dalam mencari titik temu.

“Selanjutnya akan dilakukan pertemuan-pertemuan tim dalam menyelesaikan masalah yang ada selama ini sehingga hal ini dapat menjadi model percontohan bagi permasalahan yang ada di beberapa daerah,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Gowa berharap proses ini dapat diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Kami harap permasalahan ini dapat segera terselesaikan sehingga ke depan Pemerintah Kabupaten Gowa dapat mewujudkan rencana pembangunan dan kiranya dalam proses ini tidak melihat kondisi yang ada sekarang di lapangan akan tetapi melihat dari luasan yang akan dimanfaatkan bagi kedua belah pihak,” harap orang nomor satu di Gowa ini.

Dalam Rakor ini turut dihadiri Direktur Sengketa dan Konflik Tanah dan Ruang Wilayah I, Direktur Sengketa dan Konflik Tanah dan Ruang Wilayah I,Direktur Utama PTPN XIV, Zainul Muntoha, Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa, Avi Harnowo.(*)


BACA JUGA