Vivi Noviatyn, Kepala Seksi Bidang Usaha dan Jasa Angkutan Pelayaran Dishub Sulsel

Dishub Sulsel Hanya Siapkan Peserta untuk Ikut Diklat Pelatihan Pelaut di Barombong

Selasa, 31 Oktober 2017 | 12:35 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Idayanti - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel telah melepas 100 peserta Pendidikan Diklat (Diklat) keterampilan pelaut pada Jumat 28 Oktober 2017 untuk melakukan tes kesehatan di Barombong.

Hari ini, Seals (31/10/2017) merupakan hari kedua kegiatan Diklat keterampilan pelaut bagi peserta yang memenuhi syarat kesehatan.

pt-vale-indonesia

Pada tes kesahatan ini ada tiga yang di dilihat yaitu tes mata atau kesehatan mata seperti buta warna, tes telingga apakah tidak tuli dan tes fisik yaitu apakan tidak ada cacat seperti kehilangan organ tubuh yang dapat menghambat kegiatan pelayaran.

Menurut Vivi Noviatyn selaku Kepala Seksi Jasa dan Angkuta Pelayaran dan yang bertanggu jawab atas pemilihan peserta dari beberapa Provinsi di Sulsel yang mengikuti Diklat keterampilan pelaut kesehatan merupakan hal yang paling penting dan yang paling pertama di lihat dari peserta untuk mengikuti Diklat ini. 

Diklat ini merupakan program Presiden Joko Widodo yang awalnya diserahkan kepada sekolah pelayaran Barombong dan kemudian diserahkan kepada Dinas Perhubungan.

“Dishub hanya menkoordinasi peserta yang mengikuti Diklat keterampilan pelaut, karena setiap kabupaten/kota diberikan kaota peserta sebanyak 150 orang dan untuk provinsi memiliki pengecualian sehingga privinsi dapat memilih peserta dari luar kabupaten kota atau dapat memilih peserta dari luar Makassar,” jelasnya.

Dishub Sulsel hanya memilih dan menyeleksi peserta Diklat pelatihan pelaut dan Basic safety terplautaining, security awareness training, advanced fire fighting dan buku pelaut disiapkan oleh Barombong. (*)


BACA JUGA