Disdukcapil Mulai Bersihkan Data Penduduk, Ada Apa?

Jumat, 03 November 2017 | 15:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mulai merampungkan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) menjelang pesta demokrasi 2018 – 2019.

Terlebih sesuai dengan jadwal penyerahan DP4 dari Kementerian Dalam Negeri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan akhir tahun ini. DP4 ini selanjutnya akan dijadikan bahan penyusunan untuk daftar pemilih tetap (DPT).

pt-vale-indonesia

Kepala Bidang Fasilitas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Disdukcapil Sulsel, Ardiles Assegaf mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan konsolidasi data tingkat provinsi akhir bulan ini.

“Kita akan lakukan rapat untuk konsolidasi. Saat ini kabupaten/kota tengah melakukan pembersihan data termasuk penduduk yang anomali,” katanya, kemarin.

Data yang dibersihkan menurutnya adalah penduduk yang sudah meninggal dunia, pindah atau belum melakukan perekaman data kependudukan. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel Lutfi Nasir menambahkan setelah semua data DP4 rampung akan dilakukan MoU antara Kemendagri dan KPU.

“Pusat yang akan serahkan ke KPU. KPU dan Bawaslu tak boleh langsung minta ke kami, kecuali untuk pencocokan atau dalam proses verifikasi nantinya,” tambahnya.

Berdasarkan data semester pertama tahun 2017, jumlah penduduk Sulsel mencapai 9.522.503 orang. Sementara untuk penduduk potensi pemilih diperkirakan 6,8 juta lebih. (*)


BACA JUGA