Muh Arafah, Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel
#

Pelabuhan Makassar Siap jadi Pangkalan Tol Laut

Selasa, 28 November 2017 | 15:50 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com –  PT Pelabuhan Indonesia IV Makassar siap menjadi pangkalan tol laut. Kesiapan ini sudah disampaikan ke Kementerian Pehubungan Bidang Kelautan.

“Kami sudah menyurat ke Kementerian Pehubungan Bidang Kelautan, bahwa pelabuhan Makassar ini siap kembali menjadi pangkalan tol laut,” Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Arafah, saat ditemui di kantornya, belum lama ini. 

Arafah mengatakan, tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh presiden Joko widodo, bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan laut dan menciptakan lelancaran distribusi barang hingga kepelosok. 

“Saat ini pelabuhan Makassar telah memenuhi kriteria untuk kembali menjadi pangkalan tol laut,” kata dia.

Dia mengatakan,  tol laut itu ada 18 sementara pertimbangan dan evaluasi pelabuhan makassar hanya mampu menampung 5 sampai 8 komuniti sehingga, Kemenhub merubah pelabuhan makassar. 

“Awalnya merupakan pangkalan menjadi jalur tol laut,  tapi saat ini pelabuhan Makassar sudah semakin berkembang sehingga kami siap untuk kembali menjadi pangkalan tol laut,”ujarnya. 

Dia mengatakan, ada beberapa kapal yang didistribusi oleh pemerintah yang diharapkan kapal-kapal itu dapat mengantar barang seperti sembakau dan angkutan penting lainnya. 

“Sayabarang-barang yang sangat dibutuhkan oleh rakyat di pulau-pulau kecil dapat terdistribusi secara cepat khususnyan di Indonesia timur,” pungkasnya.(*)

 


BACA JUGA