#

Penumpang & Bus Enggan Masuk Terminal di Makassar, Rupanya Ini Masalahnya

Selasa, 28 November 2017 | 20:31 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – sopir bus enggan masuk terminal, para supir lebih memilih mencari penumpang yang ada di terminal bayangan atau menunggu di pinggir jalan.

Ini terjadi karena penumpang tidak mau masuk terminal. Penyebabnya ada beberapa faktor yakni, minimnya fasilitas terminal yang disediakan sperti ruang tunggu penumpang ataupun pengantar penumpang, tempat istirahat kendaraan umum dan tempat parkir bagi pengantar.

“Untuk mengatasi hal ini, tentunya pemerintah meningkatkan pelayanan diterminal,” kata Pakar Transportasi Sulsel, Muh. Asran Ramli,saat jadi pembicara dalam bimbingan teknis (Bimtek) Petugas terminal type B di hoterel Gran Aasia Makassar (28/11/2017).

Jika ada peningkatan pelayanan di terminal, maka secara otomatis penumpang akan bersedia masuk ke terminal untuk menunggu kendaraan umum. Dengan begitu, supir angkot/bus pun akan kembali masuk ke terminal mendapatkan penumpang dan berangkat sesuai jadwal yang telah diatur dengan baik.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, angkutan-angkutan umum tersebut banyak berhenti menunggu penumpang di sebelah kanan simpang traffic light tersebut, sehingga menambah kemacetan. Bukan hanya itu saja, bus daerah menurunkan dan menaikkan penumpang di pinggir jalan. Kondisi ini menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan.(*) 

Reporter:Junaid/GoSulsel.com


BACA JUGA