#

Kasubag Umum Dishub Sulsel: Ini Poin Penting Mengelola Terminal dengan Baik

Rabu, 29 November 2017 | 07:56 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Ada beberapa poin penting dalam mengelola terminal dengan baik. Hal ini terungkap dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh Dishub Sulsel, di Hotel Grand Asia, selama dua hari. 

“Tujuan dari Bimtek  ini untuk memberikan gambaran secara umum tentang tatacara pengelolaan terminal yang komperehensif, profesional akuntabel serta meningkatkan kemapuan kompetensi petugas terminal yang baik dan handal,” kata Kasubag Umum Dishub Sulsel, Adi dalam sambutannya. 

Ada beberapa poin penting dalam mengelola terminal dapat ditinjau dari tiga unsur yakni:

1. Fungsi terminal bagi penumpang, adalah untuk kenyamanan menunggu, kenyamanan perpindahan dari satu moda atau kendaraan ke moda atau kendaraan lain, tempat fasilitas-fasilitas informasi dan fasilitas parkir kendaraan pribadi.

2. Fungsi terminal bagi pemerintah, adalah dari segi perencanaan dan manajemen lalu lintas untuk menata lalulintas dan angkutan serta menghindari dari kemacetan, sumber pemungutan retribusi  dan sebagai pengendali kendaraan umum.

3. Fungsi terminal bagi operator/pengusahaadalah pengaturan operasi bus, penyediaan fasilitas istirahat dan informasi bagi awak bus dan sebagai fasilitas pangkalan.

Kemudian jenis terminal: 

1. Terminal Penumpang, adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan menaikkan dan menurunkan penumpang, perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi serta pengaturan kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum. 

2. Terminal Barang, adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan membongkar dan memuat barang serta perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi.(*)

Reporter:Junaid/GoSulsel.com 


BACA JUGA