peta penunjuk lokasi pusat gempa dan besar guncangan yang dirasakan di Sorowako/IST

Sudah Empat Kali Sorowako Diguncang Gempa Bumi

Minggu, 28 Januari 2018 | 01:06 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Sorowako Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/1/2018) sekira pukul 18.43 Wita.

Hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan kekuatan M=3,4 Skala Richter, dengan posisi episenter pada koordinat 2.60 LS dan 121.43 BT atau berlokasi di darat pada jarak 28 km Tenggara Luwu TimurĀ  pada kedalaman 24 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Fachri Radjab, mengatakan karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Soroako II SIG-BMKG (III MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang,” katanya melalui pesan WhatsApp yang diterima Gosulsel.com.



Sampai dengan saat ini, Sorowako dan sekitarnya telah diguncang gempabumi sebanyak 4 (empat) kali, yaitu pada tanggal 24 Oktober 2017 (M: 4.0 SR), 25 Oktober 2017 (3.3 SR) dan 11 Januari 2018 (3.0 SR) dirasakan I SIG-BMKG (II MMI).

Sampai dengan laporan ini dibuat, belum terjadi gempabumi susulan dan belum ada laporan terjadinya kerusakan.

“Kepada masyarakat di sekitar lokasi sumber gempabumi, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap mengikuti arahan Pemerintah Daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA