Jelang Peresmian PLTB Sidrap Mulai Lakukan Uji Coba Turbin

Rabu, 14 Februari 2018 | 11:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap mulai melakukan uji coba operasional. Ini dilakukan setelah 30 turbin dan instalasi pendukung rampung dikerjakan.

Sesuai target, PLTB berkapasitas 70 Megawatt ini akan beroperasi komersial (Commercial Operation Date/COD) di kuartal pertama 2018. Sementara untuk peresmian masih dalam koordinasi antara PT. UPC Sidrap Bayu Energy dengan Kementerian ESDM.

Press Officer PT. UPC Sidrap Bayu Energy Yermia Riezky mengatakan dalam dua minggu terakhir ini secara bertahap sudah dilakukan uji coba turbin. Sesuai standar operasi dan keamanan, turbin yang ada di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap sudah memenuhi syarat.

“Kita juga sudah menyelesaikan pembangunan gardu induk dan interkoneksi dengan jaringan PLN Maros-Sidrap. Minggu lalu uji coba sudah lima turbin, ini akan secara bertahap. Ini belum masuk ke jaringan PLN,” katanya, saat dikonfirmasi Rabu (14/2).

Bahkan untuk operasional, PT UPC Sidrap Bayu Energy telah merekrut Sumber Daya Manusia (SDM). Di mana karyawan atau pegawai lebih diutamakan putra-putri dari Sidrap dan Sulsel.

“Mereka sudah dilatih bagaimana pengoperasian. Kemudian perawatan dan manajemen mereka sudah dapat pelatihan. Dan kemampuan itu sesuai produsen turbin,” tambahnya. (*)

 


BACA JUGA