SYL Resmikan RS Senilai Rp35 M di Hari Jadi Pangkep

Sabtu, 24 Februari 2018 | 18:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Pangkep,Gosulsel.com – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) meresmikan RS Pratama, pada puncak pelaksanaan HUT ke-58 Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), di Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Sabtu (24/2/2018).

Peresmian ditandai dengan melakukan pengguntingan pita. Dalam sambutannya, SYL mengatakan, HUT ini menjadi akumulasi untuk introspeksi diri menjadikan Pangkep lebih baik ke depan. Ia juga bersyukur bisa menghadiri HUT Pangkep kesepuluh kalinya berturut-turut.

“Saya sepuluh tahun hadir terus,  saya bahagia ada kemajuan. Dulu kita HUT di lapangan dan pulau, sekarang kita di halaman Rumah Sakit, ini tandanya ada proses maju,” kata SYL. 

Bagi gubernur, seperti daerah lainnya, Pangkep berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Sulsel, sehingga menjadi daerah dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia. Ekonomi Pangkep tumbuh diatas sembilan persen.

Ia juga beterima kasih atas cinderamata yang diberikan berupa perahu Pinisi dari kayu santigi. Dimana kayunya diambil di Pulau Liukang Pankep.

“Saya berterima kasih atas perahu yang diberikan. Ini maknanya, akan ada tantangan untuk saya,  untuk mengarungi samudera yang akan datang, dan saya akan datang kembali, dengan prestasi yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, menyebutkan, Pangkep terus berbenah dalam berbai aspek. Termasuk untuk mengentaskan kemiskinan. Dimana, walaupun untuk saat ini angka kemiskinan di Pangkep masih berada di angka 16 persen dari 20 persen tahun sebelumnya.

Pelayanan kesehatan juga dilakukan dengan menghadirkan RS Pratama. “Kami menghadirkan rumah sakit Pratama ini. Juga HUT tahun ini dilaksanakan di halaman rumah sakit,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pangkep, Indriaty Latief, menambahkan, peresmian RS Pratama ini bagian dari rawat jalan rumah sakit ini. 

“Ini merupakan pembangunan multi tahunan,  pembangunan mulai tahun 2016, sudah dipergunakan tahun 2017 dan 2018 ini pembangunan masih dilanjutkan,” urainya. 

Rumah sakit senilai Rp 35 miliar ini dibangun dari DAK pusat. Untuk sementara rawat jalan, tahun depan baru bisa rawat inap, IGD, Kebidanan, poli anak dan penyakit dalam. Dan akan ada 100 tempat tidur untuk pasien.

Pada kesempatan ini, SYL juga memberikan bantuan pembangunan sebesar Rp 1 miliar.

Selanjutnya, didampingi Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, gubernur melakukan kunjungan ke TK Bahana, Desa Pattalasang, Kecamatan Labakkang. Terakhir, melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kompleks olahraga terpadu Kecamatan Labakkang. (*)


BACA JUGA