Pemkot Makassar Gandeng Baznas Gelar Sosialisasi Zakat Bagi ASN

Rabu, 04 April 2018 | 18:17 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar menggelar sosialisasi bekerja sama dengan Badan Amil Zakat (BAZ) bagi Anggota ASN di lingkup Pemerintah Kota Makassar bertempat di Traveller Hotel Phinisi Jalan Lamadukelleng Buntu No. 59 Makassar, Rabu (04/04/2018).

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Makassar, Syamsu Rizal MI yang dibacakan Kepala BKPSDMD Kota Makassar H. Baso Amiruddin menjelaskan, sosialisasi Zakat, Infaq dan Sedekah sangat besar manfaatnya, khususnya bagi umat islam.

pt-vale-indonesia

“Sebagai salah satu ajaran dalam rukun islam, Zakat Infaq dan sedekah bagi umat islam adalah wajib hukumnya untuk dilakukan, sehingga dengan adanya sosialisasi ini kita lebih jelas memahami maknanya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Kota Makassar, Anis Zakaria Kama mengungkapkan bahwa dalam sosialisasi ini pihak BAZ akan memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi, bagaimana tata cara mengeluarkan zakat sesuai undang-undang yang berlaku berdasarkan syariat Islam.

Anis menambahkan dari jumlah seribuan masjid yang ada, hanya ada sekitar tiga ratusan masjid yang potensial dan telah terdaftar badan amil zakatnya.

“Dari tiga ratusan masjid tersebut jumlah zakat yang dihimpun dari masyarakat hanya sekitar dua milyar. Padahal dari seribuan jumlah masjid sangatlah potensial bisa menghimpun zakat melebihi dari jumlah tersebut,” terangnya.

Kepala pengadan informasi kepegawaian BKPSDMD Makassar Abd Kadir Masri berharap agar ASN yang mengikuti sosialisasi ini mampu memahami apa yang telah diberikan oleh pemateri, sehingga peserta bisa menginformasikan kembali ke masyarakat luas.

“Dengan adanya bantuan dari Baznas kami harapkan Peserta bisa memahami lebih jauh, bagaimana tata cara mengeluarkan zakat infaq dan sedekah, sehingga apa yang kita harapkan dalam kegiatan ini bisa terwujud sebagaimana mestinya,” terangnya.

BKPSDMD Pemkot Makassar menghadirkan KH.Jalaluddin Sanusi komisioner Baznas wakil ketua ll dan Azis kepala bidang pendistribusian pendayagunaan Badan Amil Zakat sebagai pembawa Materi

Sosialisasi diikuti 100 peserta ASN yang hadir datang dari seluruh SKPD, Kecamatan, Kelurahan, dan Perusda Pemerintah Kota Makassar. (*)


BACA JUGA