SYL Tanda Tangani Prasasti Masjid Agung Syekh Yusuf

Jumat, 06 April 2018 | 17:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) tanda tangani prasasti peresmian Masjid Agung Syekh Yusuf, Sungguminasa, Gowa, Jumat (6/4/2018). Hal ini juga menandai salat Jumat pertama sejak di renovasi pada 2017 lalu. 

Pendatanganan prasasti ini disampingi oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa Ansar Zaenal Bate, Sekretaris Daerah, Muchlis, serta Forkopinda. 

pt-vale-indonesia

“Orang Gowa itu bagus wilayahnya, bagus agamanya, bagus adatnya dan bagus kekeluargaanya,  sehingga dapat dicerminkan dari megahnya pembangunan masjid ini yang divangun dengan gotong royong,”kata SYL dihadapan ribuan jamaah Jumat Masjid Agung Syekh Yusuf. 

Gubernur juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Adnan beserta seluruh pihak atas partisipasinya baik itu secara moril maupun material. 

“Saya percaya bahwa di mesjid ini masih ada para wali dan syiar Islam masih selalu ditegakkan. Diakhir masa jabatan saya sebagai Gubernur saya menitip pembangunan Sulawesi Selatan kepada kita semua dan terkhusus pembangunan yang ada di Gowa,” tuturnya.

Diakhir masa jabatan yang tersisa 4 hari ini, Syahrul juga mengatakan, masyarakat Bugis-Makassar terkhusus masyarakat Gowa memiliki filosofi kehidupan ‘Appa Sulapa’. 

“Hal ini tercermin dari ornamen-ornamen yang ada di dalam masjid dan kubahnya berbentuk belah ketupat yang menghadap ke atas seperti orang berdoa,” Ungkapnya.

Bupati Adnan menuturkan, Masjid Agung Syekh Yusuf yang pembangunannya kurang lebih Dua tahun ini, menelan anggaran 25 Milyar. Dengan rincian, 3 Milyar bersumber dari APBD Kabupaten Gowa, sedang 22 Milyar bersumber dari partisipasi berbagai pihak baik dari pengusaha-pengusaha maupun dari pihak perbankan, serta dari sumbangsih masyarakat Gowa. 

“Saya selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari berbagai pihak atas partisipasinya dalam pembangunan mesjid ini,” ucapnya.(*)


BACA JUGA