Penjabat Gubernur Sulsel Tinjau Sentra Pembuatan Sutera Wajo

Kamis, 10 Mei 2018 | 20:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

WAJO, Gosulsel.com – Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah penghasil kain sutera terbesar di Indonesia. Produk tenun sutera mereka adalah yang terbaik di Indonesia, produksi sutera banyak dilakukan tidak dengan mesin modern.

Penasaran dengan hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Sumarsono bersama isterinya yang juga Pj TP PKK Sulsel Raden Roro Tri Rahayu, berkunjung ke sentra pembuatan sutera sebagai salah satu agenda kunjungan kerjanya, Rabu (9/5).

Dia mengunjungi tempat pembuatan sutera Losari Silk Sengkang yang terletak di Jalan Andi Baso Patinro Sompe. Di sini, dia melihat langsung proses pembuatan kain yang terbuat dari serat protein alami kepompong.

Di tempat yang sama, dia berkunjung ke butik sutera yang terletak di lantai dua, untuk melihat sutera yang sudah berbentuk kain jadi dan pakaian. Dia kemudian tertarik untuk membeli.

“Saya biasanya satu pasang sama ibu, kembaran,” kata Sumarsono sembari memegang kain sutera bermotif pelangi zig-zag dengan dasar kain berwarna hitam.

Sumarsono menilai, sutera Sengkang sangat perlu dikembangkan dengan motif beragam dengan hasil inovatif.

“Secara umum paradigmanya adalah pengembangan inovasi daerah, karena pemerintah pusat mendorong setiap daerah memiliki inovasi dan produk unggulan, dan Wajo memiliki sutera,” ujarnya.

 

Halaman:

BACA JUGA