Logo Kabupaten Gowa

Ini Jadwal Kerja ASN Pemkab Gowa Selama Ramadan

Jumat, 11 Mei 2018 | 13:07 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Menjelang Bulan Ramadan, Pemerintah melakukan penyesuaian jadwal kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlaku selama bulan Ramadan. 

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 336 tahun 2018 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI, dan POLRI pada Bulan Ramadhan, jam kerja dikurangi satu jam dari biasanya. Jumlah jam kerja bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan lima hari atau enam hari kerja menjadi 32,5 jam per minggu.

Hal ini diberikan agar ASN yang melaksanakan puasa dapat meningkatkan ibadahnya. Walaupun berpuasa, Menteri PANRB, Asman Abnur berpesan agar pelayanan publik tetap berjalan dan ASN tidak mengabaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, Panglima TNI, dan Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Terkhusus di Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis mengatakan jadwal ASN di Kabupaten Gowa tetap, yakni lima hari kerja. 

“Jadwal ASN tetap lima hari kerja, hanya jam memulai kerja dan berakhirnya itu yang sedikit bergeser, di bulan ramadan jam kerja ini mulai pukul 8.00 hingga pukul 15.00 dengan waktu istirahat setengah jam. Kecuali hari Jumat ASN pulang pukul 15.30, mengingat jam istirahatnya 1 jam,” jelas H Muchlis saat ditemui diruangannya. Jumat (11/5/2018).

Muchlis juga mengatakan bahwa rutinitas Apel setiap pagi ditiadakan, namun yang tetap dilaksanakan adalah upacara bendera yang jatuh setiap senin dan upacara hari besar lainnya. 

Sementara itu, terkait kegiatan  tambahan selama ramadan, Muchlis mengatakan Bupati Adnan tetap pada jadwal reguler biasa.

“Yakni untuk penetapan hari pertama ramadan Salat Tarawih bersama, kemudian peringatan Nuzulul Quran juga ada, kemudian kegiatan festival beduk, pawai takbiran, dan salat ied bersama,” beber Muchlis.(*)


BACA JUGA