15 Kabupaten Kota di Sulsel Raih Opini WTP dari BPK

Senin, 28 Mei 2018 | 23:28 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makasaar,GoSulsel.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel, menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2017 pada kabupaten/ kota di wilayah Sulsel.

BPK Sulsel menyerahkan LHP atas LKPD tahun anggaran 2017 tersebut diberikan kepada 15 kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan. Penyerahan tersebut berlaangsung di Gedung BPK Sulsel, Jl. AP Pettarani, Senin (28/05/2018).

Kabupaten/ kota yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yaitu Makassar, Palopo, Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Pangkep, Barru, Sidrap, Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel menyampaikan bahwa pemimpin masing-masing kabupaten kota memiliki momitmen untuk tetal mempertahankan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Secara umum cukup bagus. Mereka juga punya komitmen untuk tetap mempertahanakan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Disampaikannya, opini WTP ini diberikan dengan memperhatikan kesesuaian standar akutansi pemerintahan, kecukupan kelengkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian anggaran.

Diketahui, Kota Makassar kembali memperoleh opini WTP yang telah diraih selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016. Tak hanya itu, Kabupaten Gowa juga berhasil meraih pencapaian opini WTP ke-7 sejak LKPD tahun 2011 mendapatkan opini yang sama.

“Opini WTP yang diberikan BPK mengandung makna bahwa dengan laporan keuangan pemerintah daerah telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan berbagai sekuel, telah diungkapkan secara memadai, dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang terpengaruh langsung dan material,” tukasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA