#

Dishub Sulsel Rapat Terkait Lanjutan Pembangunan RIP

Selasa, 05 Juni 2018 | 10:48 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makasssar, Gosulsel.com – Bidang pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pertemuan dengan sejumlah Dishub Kabupaten Kota di Ruang rapat Dishub Sulsel, Senin (4/6/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayaran Dishub Sulsel, Arafah yang memimpin rapat tersebut mengungkapkan bahwa pertemuan dengan sejumlah Dishub Kabupaten Kota tersebut dalam rangka melihat sejauh mana kesiapan pembangunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) di beberapa Kabupaten.

“kita ingin mengaktualisasi apa yang kita buat dan beberpa kajian yang telah dibuat dipemda untuk sama sama konsen dan melihat sejauh mana peluang pelabuahn yang recana kita buat agar bisa tercover di 2019,” ungkapnya.

Diketahui beberapa bulan lalu, ada beberapa RIP yang dipresentasikan di kantor Dishub Sulsel. Diantaranya pelabuhan di Pulau Pamantauang Selayar, Pelabuhan Kajang Bulukumba, Pelabuhan Pulau Salamo Pangkep, Pelabuhan Burung Loe Sinjai dan Pelabuhan Tambolongan Selayar.

Selain itu, Arafah juga meminta kepada seluruh Dishub Kabupaten Kota agar menyiapkan dokumen yang masih kurang. Sperti FS (Feasibility Study), Rencana Induk Pelabuhan (RIP)/Masterplan, Kajian lingkungan (Amdal), Survey, Investigation, dan Design (SID), dan Detail Engineering Design (DED) atau gambarnya. Selain dokumen tersebut, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi juga, seperti UKL / UPL dan Status lahan.

“Pada hari ini diminta kembali dilengkapi surat terkait dengan pelabuhan yang kita mau prioritaskan untuk disikapi di Kementrian, kita minta secepatnya bapak, kalau bisa habis cuti bersama ini sudah ada dikita, nanti kira rangkum kemudian pak Gubernur menyurat ke mentri,” lanjutnya. (*)


BACA JUGA