Jamaah An Nadzir Gowa Rayakan Salat Idul Fitri 1439 H

Kamis, 14 Juni 2018 | 12:29 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, rayakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, di Masjid Baitul Muqaddis Pondok Jamaah An Nadzir, Kamis (14/6/2018). 

Ratusan jamaah An Nadzir ikut dalam perayaan salat Idul Fitri yang digelar di Masjid Baitul Muqaddis Tersebut. Teihat para jamaah nampak khusuk menjalankan ibadah salat idul fitri.

Sementara itu, pada perayaan salat Idul Fitri tersebut khutbah Idul Fitri di sampaikan oleh Ustadz Ir. lukman A Bakti.

Sedangkan terkait pelaksanaan salat Idul Fitri yang dilaksanakan pada hari ini berdasarkan hasil musyawarah Jamaah An Nadzir pada Senin Malam (11/6/2018). Musayawrah yang dipimpin langsung olehUstadz Ir. lukman A Bakti menetapkan perayaan hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis (14/6/2016).

Penetuan tersebut berdasarkan hasil pengamatan yang menjadi parameter penentuan awal masuknya bulan Hijriyah, yaitu pengamatan tanda – tanda alam. Misalnya pengamatan bentuk bulan, dan pasang surut air laut.

“Dari hasil pengamatan di atas, Insya Allah akan terjdi pada hari Rabu tanggal 13 Juni 2018 pukul stengah 1 siang. Jadi kita putuskan 1 Syawal itu masuk pada sekitar jam stengah 1 hari Rabu nanti, jadi kita salat Idul Fitrinya pada Hari Kamis.

Seandainya masuknya 1 Syawal masuk sekitar stengah 6 pagi maka kita bisa salat Idul Fitri hari Rabunya, kan Khustbanha sekitar jam 7 pagi. Dengan begitu, Ramadab tahun ini 29 plus sekian jam,” ungkap Ustadz Lukman beberapa waktu lalu.(*) 


BACA JUGA