Dishub Sulsel Puji Inisiatif Nahkoda KM Lestari Maju

Rabu, 04 Juli 2018 | 14:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Sekretaris Dinas Perhubugan Sulsel, Andi Baharuddin memberikan apreisiasi kepada Nahkoda Kapal KM Lestari Maju yang karam di perairan Selayar, Selasa (3/7/2018).

“Saya kira nahkodanya bagus mengambil inisiatif seandainya tidak disandarkan mungkin korbannya jauh lebih banyak,” ujar Andi Bahruddin saat ditemui di ruangannya, Rabu (4/7/2018).

Kapal KM. Lestari Maju merupakan Kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira – Pamatata, berangkat sekitar pukul 10.00 Wita dari Bira menuju Selayar yang di Nahkodai oleh Agus Susanto. Yang kemudian karam sekitar pukul 13.30 wita di Pabadilang Selayar.

Dikatahui, kapal yang dinahkodai Agus Susanto tersebut membawa penunpang 139 orang, kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan 5 sebanyak 8 unit dan kendaraan golongan 6 sebanyak 8 unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan.

Lebih lanjut, Andi Baharuddin menjelaskan bahwa seandainya Nahkoda KM Lestari Maju tidak menyandarkan kapal tersebut di karang akan tenggelam di lautan dalam. Ia juga mengungkapkan bahwa kapal tersebut layak untuk berlayar, dan kondisi cuaca pada saat pemberangkatan juga baik.

“kita bisa lihat waktu mudik lebaran kemarin, KM Lentari Maju ini pulang balik mengangkut penumpang dan tidak terjadiji apa apa, dan kapal tersebut dilengkapi jaket pelampung” tambahnya.(*)


BACA JUGA