Kepala Bidang (Kabid) Pelayaran Dishub Sulsel, Arafah.

Pengawasan Pelayaran Bakal Diambil Alih Kemenhub, Ini Tanggapan Dishub Sulsel

Sabtu, 07 Juli 2018 | 16:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI berencana akan mengambil alih fungsi pengawasan pelayaran atau kapal penyeberangan dari daerah ke tingkat pusat.

Selama ini, pengawasan untuk kapal penyeberangan berada di bawah wewenang pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

Oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, rencana pengalihan pengawasan tersebut dilakukan karena mengingat beberapa hari terakhir terjadi peristiwa di jalur laut. Seperti tenggelamnya KMP Sinar Bangun di Danau Toba dan karamnya KM Lestari Maju di Kepulauan Selayar dalam waktu yang berdekatan.

“Mesti diperbaiki karena selama ini adalah kewenangan dari Bupati dan Gubernur bagian dari otonomi daerah,” ujar Budi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan, Arafah, menyerahkan semua keputusan kepada Kementerian Perhubungan.

“Kita menunggu saja hasil kajiannya, kita lihat perkembangan lingkup pengawasan seperti apa yang dimaksud Kementerian Perhubungan,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Sabtu (7/7/2018).

Ia juga mengakui bahwa kecelakaan yang terjadi beberepa waktu lalu di perairan Pa’badilan Kepulauan Selayar, bukan karena ketidak laikan kapal.

“Saya yakin ini murni karena cuaca yang sangat ekstrim kemarin. Kan kita lihat kemarin waktu angkutan lebaran tidak terjadi apa-apa,” lanjutnya.

“Beberapa hari sebelumnya juga kami, Dishub Sulsel, sudah mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh UPP dan UPT,” tambahnya.(*)


BACA JUGA