7 Fraksi DPRD Gowa Setujui Ranperda APBD Perubahan 2018 Dibahas

Jumat, 13 Juli 2018 | 14:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Tujuh Fraksi DPRD Gowa menyetujui Ranperda APBD Perubahan 2018 dibahas di DPRD. Hal itu setelah rapat pemandangan umum fraksi di gedung DPRD Gowa, Kamis (12/7/2018).

Dalam pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Gowa, semuanya sepakat dan mengapresiasi  Ranperda yang diajukan tersebut. 

Salah satu anggota DPRD Gowa dari fraksi Golkar, Muhammad Kasim Sila mengungkapkan, bahwa dirinya bersama fraksi Golkar  mengapresiasi Pemkab Gowa karena telah menyelesaikan Ranperda lebih awal, bahkan dirinya juga mengapresiasi adanya peningkatan pendapatan daerah.

“Alhamdulillah APBD kita mengalami kenaikan 0,89 persen yakni senilai Rp 15.698.463.857 dari anggaran pokok sebesar Rp 1.769.955.531.817, sehingga total keseluruhan mencapai Rp 1.785.653.795.674, yang tentunya ini menunjukkan kinerja optimal Pemkab Gowa, untuk itu kami dari Golkar sangat mengapresiasi capaian itu, apalagi Ranperda ini diselesaikan lebih awal,” tuturnya. 

Tak hanya fraksi Golkar, salah satu Anggota Dewan dari Fraksi PDIP, Muhammad Natsir juga mengatakan hal yang senada.

Dirinya menuturkan, ini pertama kalinya ada yang sesuai dengan siklus pengajuan. Tak hanya itu, percepatan pembangunan di Gowa juga membuatnya bangga dan mengapresiasi. 

“Apresiasi kami setinggi-tingginya atas capaian Pemkab Gowa dalam percepatan pembangunan dengan mempertajam prioritas perencanaan dan penganggaran bangunan yang sesuai dengan anggaran, dan itu pasti berpengaruh juga dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Gowa,” tambahnya. 

Meskipun begitu, pihaknya tetap memberikan masukan terkait pembangunan yang dasrnya mengarah pada kesejahteraan rakyat. 

“Kami ada sedikit masukan yaitu perlunya perhatian untuk bisa lebih serius, dan cermat dalam mengalokasikan anggaran pembangunan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata M Natsir. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan,  dalam sambutannya mengatakan terimaksih atas apresiasi dan masukannya kepada Pemkab Gowa atas Ranperda APBD Perubahan 2018 itu.

“Kami mengapresiasi masukan dari masing-masing fraksi, dan artinya kinerja seluruh SKPD dalam pembuatan Ranperda ini sudah sesuai dengan siklus pengajuan,” katanya. 

Lebih lanjut orang nomor satu di Gowa ini mengatakan, terkait masukan yang diberikan masing-masing fraksi akan menjadi bahan evaluasi dari Pemkab Gowa dalam proses perencanaan maupun dalam proses pelaksanaan.

“Ini akan jadi evaluasi bagi kita semua, sehingga kedepan apa yang kita telah rencanakan bersama dapat kita capai sesuai dengan yang kita harapkan, dan kami juga akan melakuka perbaikan untuk menyempurnakan dan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang,” jelas Bupati termuda di Kawasan Indonesia Timur itu. 

Dari keseluruhan fraksi yakni Fraksi PAN, Golkar, PDIP, PPP, Gerindra, Demokrat dan Perjuangan Rakyat Gowa menerima dan menyetejui Ranperda APBD Perubahan TA 2018 yang diserahkan Wakil Bupati Gowa Rabu kemarin untuk dibahas ketahap selanjutnya. (*)


BACA JUGA