BREAKING NEWS: Gempa Bumi 4,2 Skala Richter Guncang Luwu Timur

Minggu, 22 Juli 2018 | 22:08 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 20:24:29 WITA, Minggu (22/7/2018) dengan kekuatan 4,2 Skala Richter.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab menyebutkan titik gempa berpusat di koordinat episenter 2.37 LS dan 121.34 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 30 km timur laut Luwu Timur, pada kedalaman 14 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano,” katanya.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Soroako II SIG-BMKG (II-III MMI).

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang,” jelasnya.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan dan belum ada laporan kerusakan.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya. (*)


BACA JUGA