Dishub Sulsel Sosialisasi Keselamatan Lalin di Kalangan Pelajar

Selasa, 24 Juli 2018 | 12:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Kurangi angka kecelakaan, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan gelar sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Hotel Grand Imawan Makassar, Selasa (24/7/2018).

Sosialisasi yang melibatkan pelajar SMA se Kota Makassar tersebut menghadirkan Kadit Pendidikan Masyarakat Ditlantas Polda Sulsel, AKP Nuraeni. Dalam materinya, AKP Nuraeni membawakan materi tentang etika atau tingkah laku pengemudi di jalan raya.

“Etika berlalu lintas itu adalah tingkah laku para pemakai jalan melaksanakan Undang – Undang dan peraturan lalu lintas serta norma – norma sopan santun antara sesama pengguna jalan,” ungkapnya.

Di depan siswa SMA, AKP Nuraeni menjelaskan etika sangat dibutuhkan dalam berkendara. Menurutnya, sebagian besar kecelakaan di jalan raya akibat tingkah laku manusia atau pengendara.

“Sebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalan raya akibat tingkah laku pengendara yang kadang melanggar aturan yang ada,” lanjutnya.

Ada empat yang biasa menimbulkan kecelakaan, lanjut AKP Nuraeni, yaitu pengendara, kendaraan, kondisi jalan dan cuaca. Ia juga meminta para pelajar sebelum berkendara untuk mengecek kondisi fisik dan kondisi kendaraan.

“Apabila adik- adik lelah atau ngantuk maka berhentilah dulu istirahat sejenak baru lanjutkan perjalanan. Selain itu periksa juga kondisi kendaraan, seperti kondisi ban, pengereman dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu, pihak Jasa Raharja, Budi yang juga membawakan materi pada sosialisasi tersebut meminta kepada seluruh peserta untuk mensosialisasikan pemberian santunan dari Jasa Raharja kepada korban kecelakaan lalu lintas.

“Setiap masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas mempunyai hak untuk mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Saya mohon adik – adik yang ada disini jika ada keluarga yang mengalami musibah kecelakaan minta tolong untuk menyampaikan ke keluarga cara pengurusan di kantor Jasa Raharja Cabang Makassar,” tandasnya.(*)


BACA JUGA